Entri Populer

Kamis, 04 November 2010

Pengelolaan program (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) kegiatan parenting di Kelompok Bermain Melati Panghegar Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.

Pada tahap perencanaan program tidak di lakukan identifikasi kebutuhan karena program tersebut sudah merupakan ketentuan dan kebutuhan sekolah, identifikasi kebutuhan dilakukan dalam pembelajaran parenting. Tujuan dilaksanakan kegiatan parenting yaitu untuk menyelaraskan atau menyamakan visi dengan orang tua dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini, untuk mencapai tujuan itu dilakukan musyawarah dengan orang tua agar adanya  komitmen bersama antara pengelola dan orangtua pada saat mendaftarkan putra-putrinya di kelompok bermain, kemudian menyiapkan penanggungjawab kegiatan parenting atau kepengurusan pada kelompok bermain, identifikasi kebutuhan informasi (isu-isu penting seputar pendidikan dan tumbuh kembang anak) yang ingin diketahui oleh orangtua, setelah itu menyusun program-program kegiatan yang akan dilakukan untuk kegiatan parenting, dan menyusun jadwal kegiatan sekaligus menentukan narasumber atau sponsor.           
       Pada tahap pelaksanaan, untuk tempat pembelajaran dilaksanakan di dua lokasi yaitu lokasi pertama di mesjid dan madrasah diniyah Al muhajirin, akan tetapi sesekali pembelajaran dilaksanakan di lokasi kedua yaitu di sekretariat Jl. Panyawangan II no.8. Waktu pembelajaran dilakukan 1 bulan 1 kali selama 1 jam dari pukul 09.00- 10.00 WIB. Yang  menjadi sumber belajar dalam kegiatan parenting, berasal dari Pengelola, tutor, serta warga sekitar yang mempunyai kapasitas dalam menyampaikan materi tersebut. Jumlah warga belajar yang mengikuti kegiatan parenting setiap kali pertemuan sifatnya fluktuasif kadang banyak kadang juga sedikit tapi pada  umumnya 50%  selalu hadir. Metode yang sering digunakan adalah metode ceramah, metode tanya jawab, demonstrasi. Materi yang disampaikan tentang psikologi, agama, pendidikan, kesehatan, dan pembekalan keterampilan .Dana yang digunakan bersumber dari swadaya orang tua ditambah dana dari sekolah.
       Untuk tahap evaluasi pembelajaran parenting biasanya dilaksanakan 2 minggu atau sebulan kemudian setelah orang tua mengaplikasikan materi yang di sampaikan. Dan untuk evaluasi program parenting di nilai dalam 2 kali pertemuan yang pertama akhir semester 1, yang kedua di akhir tahun ajaran. Evaluasi dilaksanakan oleh pengelola dan tutor dengan tujuan untuk keputusan tentang kelanjutan, perluasan, dan penghentian program, memberi masukan untuk keputusan tetang memodifikasi program, memperoleh informasi tentang faktor pendukung dan penghambat.

1 komentar:

  1. Casino: Roulette Rules, Strategies, Payouts, Odds
    In the 여주 출장샵 game of roulette, the winner of the round must 광명 출장샵 pick from any standard blackjack table. Each dealer must choose a 청주 출장샵 color 제주 출장마사지 from 강릉 출장안마 a

    BalasHapus